Dunia Esports Indonesia Akan Dilindungi Oleh Undang-Undang

Dunia Esports Indonesia Akan Dilindungi Oleh Undang-Undang

Tepatnya pada Selasa (10/11), Komisi X DPR RI kembali menggelar dengar pendapat tentang RUU Sistem Olahraga Nasional (SKN), termasuk diskusi untuk mendorong dunia esports Indonesia diatur dalam undang-undang (UU).

Ingat esports Saat ini banyak kalangan yang berminat, muncul pemikiran agar bisa diatur dalam undang-undang. DPR juga meminta masukan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Asosiasi Esports Indonesia (IESPA), Asosiasi Video Game Indonesia (AVGI), dan Komite Esports Indonesia (PBESI).

Perlu tahu, esports hingga saat ini belum menjadi salah satu cabang olahraga (olah raga) yang diatur secara jelas dalam UU SKN yang ada. Bahkan, acara-acara tersebut kerap digelar dan menjadi ajang olahraga yang dipamerkan di Asian Games 2018.

“Saya dan anggota Komisi X mendukung olahraga esports sehingga dilindungi undang-undang. Atlet esports Indonesia memiliki banyak globalisasi, dan esports di Indonesia saat ini mengalami pertumbuhan yang pesat dengan pendapatan terbesar di Asia Tenggara. Karena itu, perlu ada peran negara dalam memajukan cabang ini, ”kata Yoyok Sukawi, salah satu panitia kerja RUU SKN, Rabu (11/11), seperti dikutip dari suara Merdeka.

Dia menambahkan, jika esports Menurutnya, potensi olah raga elektronika perlu dikembangkan, agar lebih baik lagi harus ada perlindungan khusus dari undang-undang. Masukan dari AVGI, PBESI, dan IESPA juga diterima. "Bentuk perlindungan apa? Misalnya olahraga esports Hal ini berpotensi berdampak negatif pada kesehatan akibat radiasi. Dalam UU SKN harus ada regulasi terkait jaminan kesehatan bagi atlet esports agar lebih mudah mengontrol fasilitas kesehatan, ”ujarnya.

Yoyok optimis kedepannya, esports akan menjadi salah satu lumbung olahraga prestasi bagi Indonesia di kancah dunia. Dan banyak anak muda dari seluruh Indonesia yang menjadi atlet esports profesional.

Postingan Dunia Esports Indonesia Akan Dilindungi Hukum muncul pertama kali di GameStation.